JPPR Kabupaten Sekadau Gelar Deklarasi Pilkada Damai Jelang Pilkada 2024

Robiantinus Hermanto
22/08/2024, 8/22/2024 WIB Last Updated 2024-08-22T16:03:08Z
Foto: Deklarasi Pilkada Damai Jelang Pilkada 2024 Di Kabupaten Sekadau.

SEKADAU - Jelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Kabupaten Sekadau, Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Kabupaten Sekadau melaksanakan Deklarasi Pilkada Damai di hotel pondok indah kabupaten Sekadau, Kamis (22/8/2024).

Kegiatan Deklarasi yang bertujuan untuk merawat rasa persatuan dan kebhinekaan menjelang pemilihan kepala daerah tahun 2024 tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Muhammad Isa

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Isa menyampaikan pentingnya menjaga konduktivitas dan harmonisasi di tengah masyarakat selama proses Pilkada berlangsung. 

Sehingga, lanjut dia, sudah seharusnya dengan menekankan bahwa persatuan dan kemerdekaan adalah modal utama untuk mewujudkan Pilkada damai adalah modal sukses kelangsungan proses Pilkada dari awal sampai akhir.

Muhammad Isa juga berharap deklarasi ini dapat menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan antar warga serta menjaga situasi yang aman dan damai selama pelaksanaan Pilkada 2024.

Sementara itu, Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama yang juga hadir dalam Deklarasi Damai tersebut menegaskan kesiapan TNI-Polri dalam mengamankan Pilkada Serentak 2024. Ia menjelaskan bahwa saat ini Polres Sekadau tengah melaksanakan Operasi Mantap Praja 2024 untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan aman dan lancar.

"Penting bagi seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga kerukunan dan persatuan. Mari kita bergandengan tangan menjaga kedamaian, menghormati perbedaan, serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk menghindari tindakan yang dapat mengganggu jalannya tahapan Pilkada, serta tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu hoaks, provokasi, atau ujaran kebencian, terutama yang berkaitan dengan SARA.

Ia menekankan pentingnya menjaga ketenangan demi memperoleh kepercayaan dan simpati masyarakat, yang dapat mengurangi potensi konflik yang mungkin timbul. 

Selain itu, AKBP Nyoman Sudama juga menegaskan komitmen Polri untuk selalu bersikap netral dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada.

"Polri akan selalu menjunjung tinggi netralitas dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada," tegasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Deklarasi Damai dan penandatanganan Fakta Integritas, di mana seluruh peserta berkomitmen untuk menjaga dan mengawal Pilkada 2024 agar berjalan aman, damai, dengan semangat persatuan dan kebhinekaan. 

Poin-poin deklarasi tersebut mencakup komitmen untuk menjaga kerukunan, menghormati perbedaan pilihan, dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan UUD 1945.

Acara turut dihadiri oleh Pabung Kodim 1204 Sanggau - Sekadau, Mayor Inf. M. Yunus, Komisioner KPU Sekadau, Nursoleh, Komisioner Bawaslu Sekadau, Sunardi, Ketua JPPR Sekadau, Nastuti Ani, serta perwakilan dari organisasi masyarakat, partai politik, dan mahasiswa dari ITKK Sekadau.
 
Komentar

Tampilkan

  • JPPR Kabupaten Sekadau Gelar Deklarasi Pilkada Damai Jelang Pilkada 2024
  • 0

Terkini