Diklat Paskibraka Sekadau Bahas Empat Pilar Kebangsaan

Yakop
10/08/2024, 8/10/2024 WIB Last Updated 2024-08-11T18:56:19Z
Diklat Paskibraka Sekadau Bahas Empat Pilar Kebangsaan
Diklat Paskibraka Sekadau Bahas Empat Pilar Kebangsaan.
SEKADAU - Sebanyak 32 orang calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sekadau menerima pembekalan materi Diklat tentang wawasan kebangsaan di Aula Kateketik Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, pada hari Jumat, 9 Agustus 2024. Acara ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan semangat kebangsaan melalui empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Materi pembekalan disampaikan oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sekadau, Hermanto, yang menekankan pentingnya wawasan kebangsaan sebagai dasar kehidupan berbangsa. Dalam kegiatan ini, hadir pula Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, dan Agama Kesbangpol Kabupaten Sekadau, Yusak Stany.

Hermanto menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan adalah elemen penting yang harus ditanamkan pada generasi muda, termasuk para calon Paskibraka. Pemahaman yang mendalam tentang Pancasila sebagai pedoman negara diharapkan dapat membuat mereka menjadi duta Pancasila dan role model di tengah masyarakat yang majemuk.

“Kita berharap adik-adik calon Paskibraka ini bisa menjadi duta Pancasila, bisa menjadi role model di tengah masyarakat kita yang majemuk ini. Karena dalam kehidupan bernegara pasti ada perbedaan, dan perbedaan ini hendaknya harus menguatkan kita,” ujar Hermanto dengan penuh semangat.

Hermanto menambahkan bahwa nilai-nilai kebangsaan terletak pada empat konsensus dasar bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Menanamkan ideologi Pancasila kepada generasi muda adalah langkah penting untuk menjaga cita-cita para pejuang bangsa agar tetap hidup dan berjalan sesuai harapan.

“Ideologi Pancasila harus kita tanamkan kepada generasi muda kita, sehingga apa yang telah dicita-citakan oleh para pejuang kita pada masa dahulu bisa terus terjaga serta berjalan dengan semestinya,” tandas Hermanto.

Dengan pembekalan ini, diharapkan para calon Paskibraka Kabupaten Sekadau tidak hanya terampil dalam mengibarkan bendera, tetapi juga memiliki semangat kebangsaan yang kuat dan mampu menjadi teladan di masyarakat. Pembekalan ini adalah salah satu langkah penting untuk membangun generasi muda yang sadar dan bangga akan identitas kebangsaannya.
Komentar

Tampilkan

  • Diklat Paskibraka Sekadau Bahas Empat Pilar Kebangsaan
  • 0

Terkini